Jambu air, Buah Menyegarkan Kaya Manfaat

jambu air, buah menyegarkan kaya manfaat

Jambu air adalah buah yang berasal dari suku jambu-jambuan dan berasal dari Asia tenggara. Jambu air sangat kaya nutrisi seperti protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C. Bagian kulit jambu air mengandung senyawa alkaloid, yang memiliki sifat terapeutik terhadap diabetes. Jambu air juga mengandung natrium yang membuatnya lebih menjadi sehat. Berikut ini adalah manfaat dari jambu air :

  • Mengontrol diabetes. Senyawa organik yang bernama jambosine yang terkandung dalam jambu air, sangat efektif mengatasi diabetes. Jambosine adalah alkaloid yang mengontrol konversi pati menjaga dan mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Selanjutnya, kadar indeks glikemik rendah dari jambu air dapat membantu dalam menurunkan kadar gula sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang tekandung didalam jambu air dapat melindungi terhadap infeksi akibat mikroba dan vitamin A dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif.
  • Menjaga kesehatan jantung. Antioksidan dan kadar kalium yang tinggi dalam jambu air dapat membatu mengatur kadar kolesterol, sehingga mencegah resiko penyakit serangan jantung dan stroke.
  • Dapat mengurangi pembengkakan. Caranya adalah dengan menghancurkan daging dari buah jambu air lalu balurkan pada tangan atau kaki yang bengkak. Efek dingin yang ditimbulkan dari buah jambu dapat membuat kulit lebih rileks dan mempercepat penyembuhan.
  • Mencegah kanker. Vitamin A dan vitamin C secara efektif dapat melawan perkembangan tumor dan sel kanker.
  • Kesehatan kulit. Vitamin C dalam jambu air beroeran sebagai antioksidan yang menjaga sel kulit tubuh tetap sehat dengan cara melindungi sel dan jaringan dari kerusakan sel oksidatif. Jambu air juga dapat melindungi terhadap infeksi bakteri dan jamur sehingga membuat kulit tetap sehat.
  • Memberihkan hati dan ginjal. Jambu air memiliki sifat diuretik. Dengan menggunakan rebusan dan jus yang terbuat dari jambu air, dapat membersihkan hati dan ginjal dari zat yang beracun sehingga dapat meningkatkan fungsi organ.
  • Kesehatan pencernaan. Jambu air mengandung serat makanan yang dapat mencegah terjadinya sembelit dan kembung. Dapat juga mengobati diare serta mengontrol berat badan sehingga terhindar dari obesitas.
Selain itu, Jambu air juga baik bagi wantita hakil, karena dapat memenuhi kebutuhan zat besi dan berbagai vitamin. Biji dan daun jambu air dapat digunakan untuk mengobati asma dan demam. Dapat juga meningkatkan kesehatan otak dan kemampuan kognitif. Selain jambu air, terdapat juga jenis jambu biji atau jambu batu yang berkhasiat menyembuhkan penyakit, lihat disini. Demikianlah gaees tentang jambu air, buah menyegarkan kaya manfaat. :)

0 comments:

Post a Comment